I S T I G H O T S A H

Oleh: Abdullah Mukti
Alumni Ponpes YTP, Kertosono

Bimillaahir rohmaanir rohiiim.

Lenteraumat com,Sidoarjo-
Setiap hari selalu ada berita yang menakutkan. Yaitu tentang covid varian delta yang sangat ganas.

Apa yang telah kita lakukan untuk menghindar, melawan dan mengusir covid 19 rasanya sudah lengkap. 5 M, jaga jarak, psbb,ppkm. Dan bermacam macam obat yang sudah diberikan ke pasien covid, hasilnya juga belum maksimal. Ditambah lagi dengan vaksinasi ternyata semua itu belum ada hasil yang memuaskan, justru malah covid yang disebut dengan varian delta semakin ganas.

Bagi seorang yang beriman tentunya menyadari semua itu hanyalah sebatas usaha manusia.

Saudara saudaraku yang dimulyakan Alloh SWT.
Menurut saya dalam menghadapi keganasan covid ini tidak ada cara lain kecuali BERISTIGHOTSAH memohon perlongan kepada Alloh SWT sebab hanya Alloh lah yang bisa mengusir dan membunuh covid dari bumi ini. Sebab covid ini musuh yang tidak bisa dilihat tanpa alat dan saya rasa menjadi musuh manusia terbesar di dunia ini.

Saya mengambil pelajaran dari Nabi waktu menghadapi musuh dalam perang BADAR. Di mana Nabi merasa bukan tandingannya menghadapi musuh yang jumlahnya ribuan sedang tentara Nabi hanya sekitar tiga ratusan.
Dengan sepontanitas Nabi BERISTIGHOTSAH mohon bantuan kepada Alloh dengan mengangkat tangan setinggi tingginya sambil memohon " Yaa Alloooh ! Tolonglah hambaMu ini, jika Engkau tidak menolong kami, niscaya tidak ada yang menyembah Engkau selamanya " sampai sorban Nabi jatuh dan diambil oleh Umar ra.

Pertolongan Alloh ini kalau nggak salah dijelaskan dan diabadikan dalam QS Ali 'Imron ayat 122 - 126.

اذ همت طاءفتين منكم ان تفشلا والله وليهما، وعلى الله فليتوكل المؤمنون..
ولقد نصركم الله ببدر وانتم اذلة. فاتقوا الله لعلكم تشكرون.  اذ تقول للموءمنين الن يكفيكم ان يمدكم بثلاثة الاف من الملائكة منزلين.  بلى ان تصبروا وتتقوا وياءتوكم من فورهم هذا يمددكم ربكم بخمسة الاف من الملائكةمسومين.
وما جعله الله الا بشرى لكم ولتطمئن قلوبكم به، وما النصر الا من عند الله العزيز الحكيم.

Ketika dua golongan dari pihak kamu ingin mundur karena takut padahal Alloh adalah penolong mereka. Karena itu, hendaklah kepada Alloh saja orang orang mukmin bertawakkal.
Dan sungguh Alloh telah menolong kamu dalam perang BADAR, padahal kamu dalam keadaan lemah. Karena itu bertaqwalah kepada Alloh agar kamu mensyukuriNya.
Ingatlah ketika engkau (Muhammad) mengatakan kepada orang orang beriman " Apakah tidak cukup bagimu bahwa Alloh membantu kamu dengan tiga ribu malaikat yang diturunkan (dari langit)?".
Ya (cukup). Jika kamu bersabar dan bertaqwa ketika mereka datang menyerang kamu dengan tiba tiba, niscaya Alloh menolongmu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda.
Dan Alloh tidak menjadikannya(pemberian bantuan itu) melainkan sebagai kabar gembira bagi(kemenanganmu,dan agar hatimu tenang karenanya. Dan tidak ada kemenangan itu, selain dari Alloh yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.

Saya juga mengambil pelajaran dari Nabi Hud as. Dimana ummatnya waktu ada bencana. Nabi menyeru kepada ummatnya yang tertulis dalam QS Hud ayat 52.

ويقوم استغفروا ربكم ثم توبوا اليه يرسل السماء عليكم مدرارا ويزدكم قوة الى قوتكم ولا تتولوا مجرمين. 

Dan (Hud) berkata " Wahai kaumku mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepadaNya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras. Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling menjadi orang orang yang berdosa ". 

Jadi selama kita hanya mengandalkan prokes, psbb, ppkm, obat yang bermacam macam 
mereknya, tanpa mohon bantuan kepada Sang Kholiq (Alloh Subhaanahu wa ta'aalaa) rasanya covid tak akan menyerah dan lumpuh karena yang kita lukukan itu hanyalah sebatas usaha manusia. Namanya ikhtiyar dhohiri. Rupanya ikhtiyar batin selama ini dari para penguasa, tokoh masyarakat belum ada yang menggerakkan .

Kesimpulan saya adalah : 
1. Tetap menjaga 
     prokes.
2. Ayo beristighotsah 
    kepada Alloh.
3. Memohon kepada 
   penguasa/pemim
    pin kita untuk
    memohon kepada
    Alloh agar negeri 
    kita ini aman dan
    banyak rizki dan
    dijauhkan dari se
    gala kesyirikan.
   
    seperti yang telah
    dilakukan Nabi
    Ibrohim as.

واذ قال ابرهيم رب اجعل هذا بلدا آمنا وارزق اهله من الثمرات من آمن منهم بالله واليوم الاخر .....

Dan(ingatlah) ketika Ibrohim berdoa " Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Mekah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Alloh dan hari akhir".....
QS. Al-baqoroh 126.

واذ قال ابرهيم رب اجعل هذا البلد آمناواجنبني وبني ان نعبد الاصنام .
رب انهن اضللن كثيرا من الناس فمن تبعني فانه مني ومن عصاني فانك غفور رحيم .

Dan (ingatlah), ketika Ibrohim berdoa, Ya Tuhan, jadikanlah negeri (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala.
Ya Tuhan, berhala berhala itu telah menyesatkan banyak dari manusia. Barangsiapa mengikuti aku, maka orang itu termasuk golonganku, dan barangsiapa mendurhakaiku, maka Engkau Maha Pengampun, Maha Penyayang.
QS. Ibrohim ayat 35 - 36.
4. Mohon para pengu
    asa untuk tidak me
    nutup masjid dan
    dan melarang sega
    la kegiatannya se
    bab masjid adalah
    tempat orang orang
    sholih berdoa.
5. Berhentilah berbuat 
    kedholiman karena
    sifat ini yang memi
    cu semakin ganas
    nya covid.  

In syaa Alloh dengan doa yang tulus dan beristighfar serta bertobat kepada Alloh,  pasti dalam waktu yang cepat kita ditolong Alloh Dzat Yang Maha Rohman dan Rohim.

Aamiiiin.

Editor: Sudono Syueb