IBADAH HAJI TAHUN 2021


Olwh: Ust. Abdullah Mukti
Alumni Ponpes YTP, Kertosono

بسم الله الرحمن الرحيم .

Lenteraumat.com,Sidoarjo
Di bulan dzulqo'dah (selo jawa) biasanya sudah dimulai pemberangkatan Calon Haji ke Tanah Suci. Namun sayangnya untuk tahun ini dibatalkan lagi seperti th kemarin dengan alasan apa pemerintah yang lebih tahu.

Dengan keputusan pemerintah  ini orang Islam sementara gugur kewajibannya karena Alloh berfirman : 

ولله على الناس حج البيت من استطاع اليه سبيلا.

Walillaahi 'alannaasi hijjul baiti manistathoo'a ilaihi sabiilan (laa). 

Mengerjakan haji adalah  kewajiban manusia terhadap Alloh, yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitulloh.
QS. Ali 'Imron ayat 97.

Jadi yang wajib itu yg mampu menempuh perjalanannya ke tanah suci. 
Mampu itu di antaranya punya dana, sehat, aman dan nyaman perjalanannya. 
Saat ini perjalanan ke tanah suci tidak aman karena banyak faktor di antaranya covid 19 sehingga pemerintah membatalkan pemberangkatannya.

Akibat keputusan ini sebagian Calon Haji di negeri kita rame rame memutuskan untuk menarik/ mengambil dana hajinya.

Menurut berita  bagi yg menarik kembali dana hajinya ada konskwensinya  yaitu tidak punya peluang haji karena antriannya yg sangat lama.

Mungkin di antara pembaca  ada yang kecewa atas kebijakan pemerintah kemudian ikut ikutan menarik kembali dana hajinya, jangan khawatir. Kata RHOMA IRAMA " masih banyak jalan menuju Roma ".
 Kata Al-QUR'AN  " banyak jalan menuju " SURGA ". 

Kalau memang dana itu benar benar sudah ditarik, maka jadikan modal bisnis dengan  Alloh swt. agar terhindar dari siksa Alloh dan dimasukkan  ke dalam surgaNya. QS. Ashshof ayat 10 menjelaskan :

" يا ايها الذين آمنوا هل ادلكم على تجارة تنجيكم من عذاب اليم. توءمنون بالله ورسوله وتجاهدون في سبيل الله باموالكم وانفسكم ذلكم خير لكم ان كنتم تعلمون. يغفر لكم ذنوبكم ويدخلكم جنات تجرى من تحتها الانهار ومساكن طيبة في جنات عدن ذالك الفوز العظيم

Hai orang orang yg beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu bisnis yg dapat menyelamatkan kamu dari adzab yg pedih ?

Yaitu kamu beriman kepada Alloh dan RosulNya dan berjihad di jalan Alloh dengan harta dan jiwamu. Itulah yg lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya.
Niscaya Alloh akan mengampuni dosa2 kamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yg mengalir di bawahnya sungai sungai, dan memasukkan kamu ke tempat tinggal yg baik di dalam surga 'aden. Itulah keberuntungan yg besar.

Berjihad itu bukan berarti perang fisik. Tapi berjihad adalah berjuang. Berjuang itu banyak macamnya. Di antaranya yaitu berjuang memakmurkan ekonomi masyarakat. Berjuang membantu anak yatim, membantu kelancaran pendidikan dan sebagainya.
Kemudian yang dinamakan sabilillah itu antara lain. Masjid, madrosah, panti asuhan dan lain lainnya.

Saudaraku yang mulia.

Selagi masih ada umur jangan disia siakan peluang bisnis dengan Alloh ini agar kita selamat di dunia dan di akhirat. Bahagia di dunia juga bahagia di akhirat.

Aamiiin.