COVID 19 EPISODE KE DUA



Oleh: Ust. Abdullah Mukti
Alumni Ponpes YTP, Kertosono


Bismillaahir rohmaanirrohiiim.

Lenteraumat.com,Sidoarjo-
Menurut para ilmuwan bahwa pandemi covid 19 episod ke dua atau ada yang menyebutnya dengan covid varian India  ini lebih ganas dan lebih cepat penularannya daripada yg pertama. Yang lebih mengkhawatirkan lagi yaitu gejalanya tidak jelas sehingga banyak masyarakat sulit membedakan antara flu biasa, batuk biasa, atau yang sudah biasa diderita yang bukan  covid 19.

Sudah berbagai cara untuk menghindarinya namun bukannya semakin reda tapi justru semakin menggila dan menakutkan.

Orang awam bertanya  tanya apa ya penyebabnya ?

Ada yang menjawab karena masyarakat tidak patuh menjalankan prokes. Jawaban ini mungkin agak benar. Tapi kalau Al Qur'an yang menjawab yaitu karena banyaknya kedholiman di dunia ini. Alloh telah berfirman 

وما كنا مهلكى القرى الا واهلها ظالمون .

" Wamaa kunnaa muhlikil quroo illaa wa ahluhaa dhoolimuun. Kami tdk akan menghancurkan suatu negeri kecuali penduduknya banyak yg berbuat dholim' ".
QS. Al Qoshosh 59.

Alloh hancurkan di ayat ini bukannya dunia/negerinya, itu nanti belum waktunya.tetapi jiwa,ekonomi,pendidikan  penduduknya yang hancur seperti saat ini.

Pembaca yang mulia.
Banyak orang orang yang sudah menjalankan prokes untuk mencegah kejahatan covid 19, apa kurang atau tidak cukup ? 

Perlu diketahui bahwa Prokes itu sekedar ikhtiyar lahir saja. Bagus sekali. Tapi tidak menjamin keselamatan dari keganasan covid 19.

Yang jelas menurut Al qur'an kita harus banyak banyak beristighfar dan kembali ke jalan Alloh Subhaanahu wa Ta'aalaa.

Zaman Nabi Hud ummatnya ditimpa mushibah besar, apa perintah Nabi Hud ?

ويا قوم استغفروا ربكم ثم توبوا اليه يرسل السماء عليكم مدرارا ويزدكم قوة الى قوتكم ولا تتولوا مجرمين .

" Wa Yaa qoumistaghfiruu robbakum summa tuubuu ilaihi yursilis samaa a 'alaikum midrooro(ron) wa yumdidkum quwwatan ilaa quwwaatikum walaa tatawallau mujrimiin. 

Wahai koumku mohonlah ampun kepada  Tuhanmu lalu bertobatlah kepadaNya, niscaya Tuhan akan menurunkan hujan yg sangat deras atas kamu dan akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu dan janganlah kamu berpaling dg berbuat dosa ". QS. Hud ayat 52.

Saudaraku yang mulia.
In syaa Alloh jika penduduk suatu negeri seperti negeri kita ini yang mayoritas beragama Islam, beristighfar dan bertaubat serta banyak  melakukan amal sholih, rohmat Alloh,kekuatan Alloh pasti akan diturunkan ke dunia ini, sehingga mampu melawan covid yg akhirnya covid ditarik kembali ke tempatnya oleh Alloh dan akhirnya kita bisa hidup tenang,beribadah dengan aman, nyaman dan khusu'.

Semoga adanya covid 19 ini bisa menambah dan meningkatkan kwalitas iman dan taqwa kita kepada Alloh Subhaanahu Wa Ta'aalaa.

Aamiiin.(Sudono Syueb)