Tanggapan Positif Dari Para Politikus Terhadap Deklarasi Partai Umat


Laporan: Abu Djiwandono

Lenteraumat.com,Surabaya-
Prof. Dr. M. Amien Rais telah Deklarasiksn Partai Ummat di Yogyakarta pada hari, Kamis, 29/04/2021 secara Daring dan dihadiri sejumlah tokoh seperti Neno Warisman,  Buni Yani, MS Kaban, mantan Menhut era SBY dll.

Awalnya, deklarasi Partai Ummat akan dilaksanakan pada 26 Maret 2021. Belakangan agenda diatur ulang agar bertepatan dengan 17 Ramadan, yang diyakini sebagai hari turunnya Alquran ke bumi.

"Saksikan deklarasi Partai Ummat, hanya di Amien Rais Official Youtube. Siaran Langsung. 17 Ramadhan 1442H/ 29 April 2021. Pukul 13.00 WIB," tulis Amien Rais dalam unggahan akun Instagram @amienraisofficial, Rabu (28/4).(CNNIndonesia.com (29/4)  
    
Banyak respon positif dari tokoh partai politik besar yang sudah masuk parlemen. Di antaranya datang dari Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon. 

Dilansir dari wartaekonomi.co.id, Sabtu (1/5), Jansen mengucapkan selamat atas deklarasi Partai Ummat yang didirikan oleh Amien Rais .

Menurut dia, bukan hal mudah untuk membentuk partai di seluruh provinsi, kabupatan/kota, bahkan hingga tingkat kecamatan. Jansen pun mengakui meski Amien Rais sudah sepuh, namun semangatnya sangat besar.

Masih dari wartaekonomi.co.id, melalui cuitannya di Twitter, Jansen juga membandingkan Amien dengan seorang jenderal yang dinilainya belum tentu mampu membentuk partai politik.

"Selamat atas deklarasi Partai Ummat. Membangun partai dan cabang-cabangnya di seluruh provinsi, kabuapten/kota, kecamatan se-Indonesia bukan hal gampang, Berat. Walau sudah sepuh harus diakui dahsyat memang energi Pak Amien. Hormat! Jenderal saja belum tentu mampu malah milih jalan begal," kata Jansen seperti dikutip dari lini masa akun Twitternya, @jansen_jsp, Kamis 29 April 2021.(wartaekonomi.co.id, 1/5)

Tanggapan positif lainnya datang dari Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan, Sindonews.com (1/5). Danil menyampaikan selamat atas deklarasi partai tersebut. "Selamat lahir di dunia demokrasi yang penuh tantangan dan dinamika," ujarnya saat dihubungi Sindones.com, Kamis (29/4/2021).

Masih dari lansiran Sindonews.com, Daniel menganggap, ujian bagi setiap partai baru sangatlah berat, yakni dengan kondisi geografis Indonesia yang begitu luas dan di tengah partai yang sudah eksis dan mapan, partai baru harus mendapatkan simpati dari rakyat.

Menurut Daniel, hal itu masih ditambah dengan syarat yang harus dilalui partai baru untuk menjadi peserta pemilu. Setidaknya, Daniel menyebut partai baru seperti Partai Ummat harus berhasil lolos dari verifikasi di Kemenkumham dan KPU. Dia melihat, jika lolos di dua lembaga itu saja sudah bagus.

"Tapi Pak Amien kan sudah pernah berhasil saat melahirkan PAN dan semoga tangan dinginnya kembali berhasil. PKB tidak khawatir karena sudah memiliki basis grassroot yang kuat dan memang berbeda basis," ungkap Anggota Komisi IV DPR RI itu.

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Perindo , Ahmad Rofiq turut berkomentar atas telah dideklarasikannya kelahiran Partai Ummat oleh Muhammad Amien Rais. Dia berharap Partai Ummat memberikan warna bagi perpolitikan di Tanah Air. Sindonews.com (29/4)

Rofiq mengatakan, Partai Ummat terlahir dari ketidakpuasan atas proses sebelumnya. Dengan kehadiran Partai Ummat saat ini, ia berharap akan menambah ragam warna perpolitikan di Indonesia.

"Semoga partai ummat bisa menambah jagat perpolitikan Indonesia semakin indah," kata Rofiq saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (29/4/2021) dalam sindonews.com (29/4)

Rofiq, Mantan Ketua Umum Pemuda PP Muhammadiyah itu mengaku partainya tidak pernah khawatir atau adanya ancaman baru atas kehadiran Partai Ummat. Menurutnya, kehadiran partai baru justru akan membuka ruang demokrasi semakin lebar.

"Rakyat akan semakin banyak pilihan dan membuat demokrasi semakin matang," katanya.

Masih dari Sindonews, mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Muhammad Amien Rais secara resmi mendeklarasikan kelahiran Partai Ummat. Deklarasi itu dilakukan secara virtual, Kamis (29/4/2021) siang ini.

"Atas nama para pendiri, para pimpinan, para kader dan anggota Partai Ummat, pada tanggal 17 Ramadhan 1442 H bertepatan 29 April 2021 Masehi, bismillahirohmanirohim, saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di Persada Bumi Pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama," kata Amien Rais dalam pidatonya.

Tapi yang aneh, kata Ahmad Rofiq, ketua DPD PU Kabupaten, Nganjuk, adalah Ketum DPP PAN, Zulhas, katanya tidak merasa terganggu dengan lahimya Partai Umat, malah happy, tapi dia terus mendekati  Muhammadiyah agar pendukung PAN tidak lari ke PU.
"Sementara ada juga unsur Pimpinan PAN nyindir pendiri PU, dia bilang mendirikan partai tidak mudah tapi berat" tandas Rofiq. 

Dia lupa, kata Rofiq, dia tidak pernah dirikan partai, malah ikut partai yang pendirinya sekarang dirikan Partai Umat. 

Editor: Sudono Syueb