PEMUDA BUTA HAFAL AL-QUR''AN


Foto: Humor yuuk

Dikisahkan oleh: Kholid Basalamah Hafidlahullah

Lenteraiumat.com,Surabaya-
Kisah ini terjadi di negeri Yaman dan kisah ini sempat heboh di Timur Tengah.

Ada anak muda yang buta hafal Al-Qur'an. Semasa kecilnya dia tidak pernah sekolah, hanya tinggal di rumah dan dicarikan guru ngaji oleh kedua orang tuanya untuk mengajarkan Al-Qur'an pada anak mereka.

Suatu ketika saat umurnya menginjak usia 25 tahun, dia berfikir untuk menikah. Sebagai manusia, wajar punya perasaan ingin menikah, itu fitrah manusia, meskipun dia tidak bisa melihat namun dia mau menikah.

Setiap dia ingin menikah dan memberitahukan kepada ayahnya, langsung ayahnya bilang, 'Nak, siapa yang mau menikah denganmu ? Kamu tidak ada kerjaan, matamu buta. Kalau misalnya ada orang yang simpatik sama kamu, baru kita akan bukain pintu ini (pintu menikah).

Pemuda itu selalu merasa terpukul, tapi tidak bisa berbuat apa-apa kecuali dia selalu berdoa kepada Allah. Dia berdoa selama sebulan penuh ..

Dia bermohon kepada Allah dengan doanya, 'Yaa Allah, karuniakan saya seorang wanita (istri) yang paling cantik di Yaman, yang paling pintar dan yang paling kaya ..'

Maka, pada hari ke-30 (sebulan dia berdoa) tiba-tiba dia mimpi. Dalam mimpinya itu ada yang mengatakan pada pemuda buta ini, 'Wahai anak muda, jodohmu namanya fulanah binti fulan (menyebut nama wanita tersebut), ayahnya bernama fulan bin fulan (merupakan seorang tokoh masyarakat), besok datanglah melamar ..'

Dia kaget dan langsung terbangun. Bersegera sholat tahajud kemudian subuh menuju ke masjid bersama ayahnya. Sepulang dari sholat subuh pemuda ini bertanya kepada ayahnya sesuai mimpi yang di alami barusan ..

Ayah, ada tidak disebelah kita ini namanya kota ini ?

Ada anakku.

Ada nggak orang yang namanya fulan bin fulan di kota itu ?

Ada, dia merupakan tokoh masyarakat yang sangat terkenal & kaya raya.

Ada nggak nama anaknya fulana binti fulan?

Ada anakku.

Lamarkan buat saya ayah ..

Apa kamu sadar yang kamu ucapin ? Kamu nggak sekolah, tidak punya pekerjaan, kita juga keluarga yang pas-pasan.

Ayah, saya mimpi begini niih. Dari mana saya tahu nama kota itu dan nama anaknya sedangkan saya juga tidak tahu. Ini dari mimpi ayah dan dia suruh saya lamar hari ini ..

(Perempuan yang dimaksudkan merupakan anak konglomerat dari tokoh masyarakat yang terkenal, dirinya cantik, cerdas dan kaya raya)

Baik anakku, kita coba. Kita pertaruhkan nama keluarga ini

Berangkatlah pemuda buta dan ayahnya untuk melamar gadis cantik anak orang kaya.

Sesampainya di kediaman wanita yang di maksud langsung di sambut baik dan dipersilahkan masuk oleh keluarga gadis itu.

Baik, ada keperluan apa ?, kata ayah gadis itu.

Ini anak saya, buta tapi hafal Al-Qur'an (disebutkan seluruh kebaikan yang ada pada anaknya). Dan entah kenapa, anak saya minta melamar anak anda. Karena dia mimpi semalam.

Langsung, ayah dari wanita itu menerima lamaran pemuda tersebut.

Ayah pemuda buta itu heran dan bertanya, Kenapa anda spontan terima ?

Ayah si wanita menjawab, Karena saya juga mimpi semalam. Bahwa, hari ini akan datang anak mantu saya yang namanya seperti nama anakmu ini, ciri-cirinya seperti dia, mata buta, hafal Al-Qur'an, dari wilayah sebelah. Tapi saya tidak tahu ..

Tapi tunggu, kata ayah wanita itu, saya tanyakan pada anak saya apakah dia mau terima atau tidak. Kalau terima ya terima, namun kalau tidak ya tidak.

(Masuklah ayah si wanita ke kamar putrinya)

(Merupakan kebiasaan putrinya, ketika ayahnya menyampaikan, 'Nak, ada yang mau melamarmu ..' Langsung putrinya menolak, 'Saya nggak mau ayah'. Begitu seterusnya)

Dan ketika ayah si wanita ini menyampaikan kepada putrinya seperti mimpi yang di bahas di ruang tamu bersama ayah si lelaki ..

Putrinya langsung menjawab, Ayah, nikahkan saya. Terima lamaran lelaki itu.

Ayah si wanita itu heran dan bertanya, Bagaimana kau bisa menerimanya sedangkan kau belum lihat orangnya ?

Jawab putrinya, Tadi malam saya mimpi bahwa akan datang seseorang yang melamarmu dengan nama fulan bin fulan, dari wilayah sebelah, mata buta, penghafal Al-Qur'an dan terima lamarannya karena itu merupakan suami terbaik.

Dan akhirnya lelaki buta yang tidak punya pekerjaan, hafal Al-Qur'an menikah dengan seorang wanita dari keluarga bangsawan, cantik, cerdas dan kaya raya.

__________________________________

Masyaa Allah
Pelajaran yang sangat berharga. Menjadikan doa sebagai senjata utama yang sangat ampuh untuk kebaikan kita.

Kita tidak pernah tahu apa yang baik menurut kita, melainkan Allah sudah tahu apa yang terbaik untuk kita. Maka, ketika apa yang kita mohonkan pada-Nya namun tidak dikabulkan maka jadikan itu sebagai pilihan yang terbaik dari Allah untuk kita.

Sebaliknya ...

Terus bersabar dalam doa. Jangan gampang & mudah untuk putus asah. Ingat, Allah bukan Tuhan yang suka ingkar janji. Melainkan Maha Menepati Janji. Terus meminta kepadanya, jika dirinya baik untuk diriku pasti Allah akan mudahkan.

Kuasa Allah semua ..

Maka bersabarlah dalam memohon kepada-Nya

Sumber: Akun FB Adham Salim Basyarahil