MENCARI TELADAN KEBAIKAN

Ust. Afifun Nidlom dan Prof. Dr. Imam Muchlas

Oleh: Ust. Afifun Nidlom

Lenteraumat.com,Surabaya-
Alhamdulillah hari ini saya dapat mengunjungi Prof Dr Imam Muchlas di kediaman beliau. Usianya saat ini 88 tahun, ini sudah dimudakan dari yang semestinya. Tak perlu saya ceritakan kisahnya. Masa pensiunnya dari kampus UIN Sunan Ampel saja sdh setara usia anak remaja, 21 tahun. Beliau satu dari tokoh Muhammadiyah Jawa Timur, sebelum masuk jajaran 13 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, aktif di Majelis Tarjih dan Tajdid tingkat wilayah. Di tempat inilah saya berakrab dengan beliau.

Pada usia yang bagi mayoritas orang sudah uzur, beliau masih aktif menulis. Terampil menggunakan laptop. Tulisan yang ditunjukkan ke saya ada lebih dari 700 tema. Sekitar 30an halaman per tema. Kepentingan saya mengunjungi, karena beliau minta laptopnya dibetulin. Tiap kali bermasalah, saya yang diminta. Padahal ada 2 anak beliau yang ahli komputer, masalahnya hanya tidak ngerti program2 yang berbahasa Arab.

Saya bertanya tentang motivasi beliau menulis, jawabnya karena beliau tidak bisa berceramah. Harapannya, tulisan-tulisan beliau dapat dibaca oleh banyak orang dan bermanfaat, sehingga jadi amal jariah. Maka siapa saja yang menghendaki tulisan beliau akan diberikan secara cuma-cuma. Subhanallah.

Semoga Allah memberikan kepada beliau kesehatan dan ke'afiatan, umur yang panjang dengan amalan kebajikan. Amin.

Wditor: Sudono Syuen