KHUTBAH 'IDUL FITRI 1442 H: HIKMAH PANDEMI



Oleh: Ust. Abdullah Mukti
Alumni Ponpes YTP, Kertosono

الحمد لله رب العالمين. الذي خلق الموت والحياة ليبوكم ايكم احسن عملا وهوالعزيز الغفور. اشهد ان لا اله الا الله واحده لا شريك له واشهد ان محمدا عبده ورسوله لا نبي بعده. اللهم صل وسلم وبارك على نبي الكريم محمد وعلى اله واصحابه ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين.
اما بعد. فيا ايها الحاضرون رحم كم الله. آوصيكم ونفسى بتقو الله لعلكم تفلحون. كما قال الله تعالى في كتابه الكريم. 
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم. يايها الذين آمنوا التقوا الله حق تقاته ولا تموتن الا وانتم مسلمون. صدق الله العظيم.
الله اكبر الله اكبر لا اله الا الله هو الله اكبر الله اكبر ولله الحمد.

Hadirin jama'ah sholat 'Idul Fithri rohimakumullooh.

Mengawali khutbah 'Idul Fithri pagi ini mari kita bersama menghaturkan puji dan syukur  ke hadirot Alloh SWT berupa ucapan dan tindakan atas limpahan rohmat nikmatNya, sehingga dengan rohmat serta nikmatNya kita mampu menyelesaikan puasa selama Romadlon dan di pagi ini kita rayakan dengan sholat 'Idul Fithri 1442 H sebagai Hari Raya kemenangan kita menjauhi dan melawan dahsyatnya hawa nafsu. Teriring harapan dan doak semoga seluruh amal ibadah kita selama Romadlon diterima Alloh SWT. Aamiiin.

الله اكبر الله اكبر ولله الحمد.

Alhamdulillah dengan pertolongan Alloh SWT, walaupun dalam kondisi pandemi yang sudah hampir dua tahun melanda negeri kita dan seluruh dunia pada umumnya kita masih tetap bisa melaksanakan ibadah sebagaimana biasanya dengan aman dan penuh kedamaian.

Hadirin rohimakumulloh.

Pandemi covid 19 ini tidak boleh dijadikan penghambat atau penghalang untuk bertaqorrub kepada Alloh Azza Wajalla juga kepada sesama manusia dan makhluq lainnya dengan catatan selalu melaksanakan prokes. Percayalah namanya musibah, apa saja bentuk dan namanya bakteri, virus atau penyakit lainnya itu sudah ditulis oleh Alloh SWT di Lauhil Mahfudh sebelum dia muncul di muka bumi.
QS. Al- Hadid ayat 22. menjelaskan .

وما اصاب من مصيبة في الا رض ولا في انفسكم الا في كتاب من قبل ان نبراها، ان ذلك على الله يسيرا.

Tiada suatu musibahpun yang menimpa di bumi (dan tidak pula) dalam dirimu sendiri melainkan sudah tertulis dalam kitab (lauhil mahfudh) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Alloh.

Terbukti menurut sejarah, bahwa sejak zaman para Nabi dulu sudah dimunculkan oleh Alloh SWT hanya berganti merek. Dulu yang terkenal adalah kolera, tipus, dan sebagainya yang hebat yaitu THO'UN. Lah di zaman sekarang ini yang dikenal seluruh dunia adalah COVID 19.

الله اكبر الله اكبر ولله الحمد

Kalau kita baca dengan kacamata agama akan dapat kita simpulkan, bahwa covid ini sengaja dijadikan Alloh SWT sebagai :
1. Adzab bagi ummat atau negara yang mana penduduknya banyak berbuat durhaka atau kedholiman (ظالم). Dholim pertama kepada Alloh artinya selalu melanggar ketentuanNya dan ketentuan RosulNya.
Yang kedua yaitu dholim kepada dirinya sendiri artinya selalu berbuat kedholiman kepada dirinya juga kepada sesama manusia dan makhluq lainnya.
Alloh berfirman dalam QS.Al-Qoshosh 59. 

وما كنا مهلكي القرى الا واهلها ظالمون.

Dan kami tidak akan pernah menghancurkan sebuah negeri kecuali penduduknya berbuat kedholiman. 
2. Ujian bagi orang orang beriman.

Firman Alloh dalam QS. Al-angkabut ayat 2.
احسب الناس ان بتركوا ان  يقولوا آمنا وهم لا يفتنون.

Apakah
 manusia itu mengira,bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan " kami telah beriman " sedang mereka tidak diuji? 

Ibarat anak sekolah semakin tinggi klasnya semakin sulit dan berat mata ujiannya. Begitu juga halnya orang yang  beriman  kalau  semakin tinggi dan kuat imannya semakin sulit dan  berat pula ujiannya.

Di QS. Al-baqoroh ayat 155 Alloh  berfirman.

ولنبلونكم بشئ من الخوف والجوع ونقص من الاموال والانفس والثمرات وبشر الصابرين.

Dan sungguh  akan kami berikan ujian kepadamu  dengan  ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,  jiwa, dan  buah buahan dan berikan berita gembira kepada orang orang yang sabar.

Saat ini banyak yang ketakutan akan terpaparnya covid 19, ketakutan usahanya gak lancar karena covid 19 dsb. 
Kelaparan, mungkin belum dan mudah mudahan tidak terjadi di negeri kita ini.
Takut kekurangan harta, mungkin sudah dirasakan di antaranya THR tidak  cair, bisnis macet.
Ketakutan kurangnya jiwa mungkin sudah yaitu banyaknya keluarga yang meninggal karena covid 19.
Takut kurangnya buah buahan sudah terjadi dengan terbuktinya tanaman pak tani banyak yang hancur karena hama dsb.
Demikianlah cara Alloh Jika  mencintai hambaNya (suatu kaum) pasti diuji .

اذا احب قوما ابتلاه

Apabila Alloh mencintai suatu kaum pasti memberi ujian kepadanya.!

الله اكبر الله اكبر ولله الحمد.

Jama'ah rohimakumulloh.
Kita ummat yang bertauhid, mengimani segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini adalah kehendak Alloh samata. Maka kita harus bisa  mengambil hikmah dari adanya pandemi saat ini.
Hikmah pertama, kita bisa lebih dekat dengan Alloh SWT.
Hikmah kedua, kita bisa lebih dekat dengan orang tua, sanak famili, kerabat bahkan yang awalnya tidak kenalpun bisa menjadi saudara berkat pandemi. Bahkan ada yang bersyahadat karena pandemi.
Mungkin ini yang dimaksud Alloh dalam  QS surat Ali 'Imron ayat 112 sebagai berikut .

ضربت عليهم الذلة اين ما ثقفوا الا بحبل من الله وحبل من الناس

Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada kecuali mereka  berpegang kepada tali(agama) Alloh  dan tali(perjanjian) dengan  manusia.

Perjanjian dengan Alloh yang pertama yaitu dengan mengerjakan sholat lima waktu dan kedua dengan mengerjakan sholat tahajjud karena tahajjud ini termasuk perintah langsung dari Alloh SWT.

FirmanNya dalam QS. Al-Isrok ayat 79.

ومن اليل فتهجد به نافلة لك عسى ان يبعسك ربك مقاما محمودا.

Dan pada sebagian malam hari bertahajjudlah kamu  sebagai ibadah tambahan bagimu mudah mudahan Tuhanmu mengangkat  kamu ke  maqom(tempat) yang terpuji.

Jama'ah 'Idul Fithri rohakumulloh.
Sedangkan hubungan kepada sesama manusia yang utama  pertama dan utama adalah dengan orang tua. Orang tua itu adalah pertama orang melahirkan kita. Kedua mertuwa kita (bagi yang sudah nikah). Selanjutnya orang tuwa yang membesarkan kita, yang mendidik kita, yang membiayai pendidikan kita. Kemudiani tetangga,teman, dst.

الله اكبر الله اكبر ولله الحمد.

Hikmah pandemi ini juga dapat menumbuhkan rasa simpati dan empati kepada  sesama manusia, untuk itu mari kita bantu mereka yang butuh bantuan.
Sabda Tosululloh SAW : 

من نفس عن مسلم كربة من كرب الدنيا نفس الله عنه  كربة من كرب يوم القيامة ومن يسر عن معسر يسر الله عليه في الدنيا والاخرة ومن ستر مسلما ستره الله في الدنيا والاخرة. والله في عون  العبد ما كان العبد في عون اخيه.  اخرجه مسلم عن ابى هريرة.
Dari Abi Huroiroh r.a. telah bersabda : Barangsispa melepaskan dari seorang muslim satu kesusahan daripada kesusahan kesusahan dunia,niscaya Alloh lepaskan dia daripada kesusahan kesusahan akhirat, dan barangsiapa memberi kelonggaran kepada orang yang susah, niscaya Alloh memberi kelonggaran baginya di dunia dan di akhirat, dan barangsiapa menutup (rahasia) seorang Muslim niscaya Alloh tutup (rahasia) dia di dunia dan di akhirat, dan Alloh menolong seseorang selama dia menolong saudaranya. 
HSR. Muslim dari Abi Huroiroh

Jama'ah rohimakumulloh.

Dikisahkan dalam Al-qur'an surat Hud ayat 52 bahwa pada masa itu ummat Nabi tertimpa musibah besar kemudian Nabi memerintahkan kepada ummatnya supaya beristighfar dan bertaubat kepada Alloh SWT.
Agar supaya Alloh segera memanggil atau menghilangkan covid ini sehingga kita bisa hidup tenang, aman, beribadah dengan khusuk hendaknya kita segera beristighfar dan kembali ke jalan Alloh yang diridoliNya seperti disaat ummat Nabi Hud dilanda musibah yang sangat besar. Nabi Hud memerintahkan kepada ummatnya yang diabadikan dalam QS Hud ayat 52 sebagai berikut.

و يقومى استغفروا ربكم ثم توبوا اليه يرسل السماء عليكم مدرارا ويزدكم قوة الى قوتكم  ولا تتولوا مجرمين.

Wahai qoumku minta ampunlah kalian kepada Tuhanmu lalu bertaubatlah kepadaNya pasti Alloh akan menurunkan hujan (rohmat) yang sangat deras atas kamu dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu dan janganlah kalian berpaling dengan berbuat dosa.

Hadirin rohimakumullooh.
Itulah cara Nabi Hud memohon kepada Tuhan supaya musibah itu segera dicabutnya.

الله اكبر الله اكبر ولله الحمد. 

Semoga kita bangsa yang penduduknya mayoritas muslim ini bisa menirunya sehingga covid ini segera dicabut oleh Alloh SWT. Aamiiin.

Hadirin rohimakumulloh.
Sebagai penutup,khutbah ini mengajak kita untuk bersabar dalam menghadapi segala musibah yang melanda di negeri kita tercinta dan  kita bisa mengambil hikmahnya dan pelajaran darinya semoga Alloh selalu bersama orang orang yang sabar.

Mari memohon kepada Alloh SWT. 
 بسم الله الرحمن الرحيم.  اللهم صل على نبينا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين.
اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الاحياء منهم والاموات انك سميع قريب مجيب الدعوات. اللهم سلمنا والمسلمين . اللهم ادفع عن الغلاء والوباء والفحشاء والمنكر عن بلدنا هذا خاصة وعن بلدان المسلمين عامة. اللهم انا نعوذ بك بكلمات الله التامة من شر ما خلق . اللهم انا نعوذ بك بكلمات الله التامة من شر قفيت تسع عشر. اللهم انا نسالك الرضاك والجنة ونعوذ بك من سختك والنار وادخلنا الجنة مع الابرار يا عزيز يا غفار يا رب العالمين.  ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الا خرة حسنة وقنا عذاب النار. سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

Editor: Sudono Syueb