SUKSES ROMADLON

Abdullah Mukti

السلام عليكم ورحمة الله
 وبركاته.
بسم الله الرحمن الرحيم.

Lenteraumat.com,Sidoarjo-
Saudara saudaraku kaum muslimin rohimakumullooh.

Alloh telah memanggil kita untuk mengerjakan kewajiban puasa di bulan romadlon agar supaya kita menjadi orang orang yang bertaqwa. 
Ujung ayat QS. Al Baqoroh 183, Alloh berfirman لعلكم تتقون la'allakum tattaquun, itu menurut pakar tafsir artinya pasti jadi orang yang bertaqwa. Artinya sukses bisa selamat dari jilatan api neraka kemudian dimasukkan ke dalam surga karena puasanya dikerjakan dengan ikhlas dan benar. Tetapi kalau yang berkata saya itu artinya doak atau harapan.

Orang yang beragama selain Islam menganggap Tuhannya orang islam itu menyiksa hambanya dengan cara harus meninggalkan terutama makan dan minum dan kesenangan yang lainnya selama siang hari di bulan romadlon atau untuk kita di Indonesia selama 12 jam. 

Tetapi bagi muslimin menganggap atau memahami
bahwa itulah cara Alloh memberikan cara meraih kebahagiaan di akhirat kelak.

Ibarat orang bersusah payah disertai kesabaran menanam tanaman yang bisa dipetik buahnya. 
Ada juga orang yang menghindari hidup boros, mubadzir, sehingga sebagian hartanya ditabung. Alangkah bahagianya di saat melihat dan merasakan buah atau hasilnya yang dikerjakan selama berbulan, bertahun tahun.
Begitulah orang mukmin yang selama hidup di dunia mengumpulkan amalan amalan sholih untuk bekal nantinya (untuk menikmati surga Alloh). 

Agar puasa romadlon serta amalan ibadah selama romadlon bisa kita kerjakan dengan baik dan benar, Nabi mengajari atau membimbing ummatnya  di saat menyambut kehadiran romadlon yang penuh berkah, maghfiroh, dan rohmat juga  disebut dengan syahrul qur'an dengan membaca doak sebagai berikut :

اللهم اهله علينا باليمن والايمان والسلامة والاسلام ربي وربك الله.

Alloohumma ahillahu 'alainaa bilyumni wal iimaani wassalaamati wal islaami robbii warobbuka Alloooh.(HR. Imam Baihaqi hadits no. 30451.)

Alloohumma Ya Alloh datangkanlah romadlon (ada yang menterjemahkan awal) atas kami dengan penuh ketenteraman, ketenangan dan dengan sepirit iman, dan dengan penuh kesehatan, dan dengan penuh keislaman. Tuhanku ,Tuhamu adalah Allooh. 

Kalau hatinya tenteram, tenang, apapun yang terjadi tetap tenang, tenteram dalam mengerjakan puasa. Dan jika ada sepirit,semanngat keimanan, tidak akan bermalas malasan, tidak akan terlambat dalam mengerjakan amalan amalan selama puasa romadlon. Dan bila jiwa raga sehat semua amalan selama romadlon akan bisa dikerjakan dengan penuh kenikmatan dan lancar sampai akhir romadlon. Dan bila disertai semangat keislaman, semua amalan selama romadlon akan dikerjakan dengan mengikuti syari'at yang benar. Tuhanku Tuhanmu Alloh. Pakar hadits memberikan penjelasan bahwa Nabi berpesan " jika aku meninggal Tuhanmu tetap Alloh tidak ada yang lain ".

Mudah mudahan seluruh ibadah kita yang telah kerjakan dan yang akan datang dan khususnya selama romadlon ini diterima Alloh SWT dan dibalas dengan surgaNya yang telah dijanjikan kepada hambaNya yang taat. 

Aamiiin, Yaa Mujiibas saailiiin.

Editor: Sudono Syueb